Linux Ubuntu 9


Resensi buku ini di sadur dari Radio Suara Surabaya yang ditulis oleh Noer Soetantini, semoga bermanfaat.

Judul Buku : Langkah Mudah Administrasi Jaringan Menggunakan Linux Ubuntu 9
Penulis : Wahana Komupter
Penerbit : Andi Penerbita Yogyakarta, 2009
Tebal : 244 Halaman

Sistem operasi Linux adalah sistem operasi yang sangat populer di Indonesia dan juga dunia. Sistem operasi yang sifatnya gratis ini sangat andal digunakan untuk keperluan baik server maupun desktop. Satu diantara keunggulan utama Linux adalah untuk server.

Di Linux banyak terdapat aplikasi siap pakai yang andal untuk pengguna server. Aplikasi-aplikasi tersebut sangat diperlukan dalam pembuatan jaringan sehari-hari seperti web server, proxy server dan sebagainya. (Penerbit)

Sinopsis :

Popularitas Linux Ubuntu sebagai satu diantara open source system semakin meningkat saat ini. Linux Ubuntu bukan hanya memiliki fleksibilitas dan fitur lengkap di bidang desktop, namun juga memiliki dan unjuk kerja tinggi sebagai sistem operasi server jaringan.

Hampir seluruh fungsi yang dibutuhkan dalam mengembangkan dan mengelola suatu jaringan computer seperti file dan printer sharing, pengaturan user group management dan security, internet connection, hingga layanan FTP dan Web Server telah tersedia dalam Linux Ubuntu.

Buku Langkah Mudah Adminitrasi Menggunakan Linux Ubuntu 9 membahas, diantaranya, Networking Dasar, Linux Network Installation, Konfigurasi TCP/IP Linux, Konfigurasi Sistem Linux untuk Jaringan, hingga Instalasi Telnet dan SSH Server.

Telnet dan SSH ini merupakan media yang berguna menghubungkan sebuah Linux dengan Linux lainnya. Di awal munculnya jaringan komputer, cara paling efisien untuk mengendalikan komputer lainnya adalah melalui Telnet dan kemudian SSH karena dapat dilakukan melalui teknologi command line, (halaman 233).

Deskripsi :

Buku Langkah Mudah Administrasi Jaringan Menggunakan Linux Ubuntu 9 menjelaskan pengelolaan jaringan komputer berbasis platform Ubuntu Linux. Materi diketengahkan secara terstruktur mulai dari pemahaman tentang konsep dasar jaringan, instalasi Linux untuk networking, konfigurasi firewall, konfigurasi DNS Server sampai Telnet dan SSH Server.

Buku ini mudah dipahami dengan mengikuti penjelasan bab per bab. Bagi yang masih awam sekalipun dengan Linux, buku ini praktis jadi panduan.

0 Comments:

Post a Comment