Cara Merawat Kulit


Ada salah seorang temanku yang mengalami iritasi pada kulitnya, katanya sich kulitnya sensitif sehingga perawatannya pun agak susah susah gampang. Sedangkan kulit si Adis tergolong kulit yang kering, mereka sudah berulang kali datang ke salon kecantikan tapi hasilnya pun belum memuaskan mereka. Untuk membantu mereka aku mencoba brosing ke internet bagaimana cara mengatasi atau paling ga mengurangi keluhan mereka. Barangkali tulisan ini juga bermanfaat untuk anda:

1. Kulit Kering
Kulit kering memiliki kadar minyak atau sebum yang sangat rendah dan cenderung sensitif. Sehingga terlihat parched karena kulit tidak mampu mempertahankan kelembabannya. Ciri dari kulit kering adalah mempunyai ciri pori-pori kulit terlihat kecil, terdapat keriput pada kulit, kulit tampak kering, dan bersisik. Karakteristik dari kulit kering biasanya, sulit dilembabkan, terasa kasar, terasa ketat pada cuaca/hawa dingin, terlihat lebih kusam, dan tua.

Cara untuk merawat kulit kering adalah menghindari mencuci muka dengan air mentah karena residue nya dapat mengeringkan kulit anda tetapi anda juga jangan gunakan air hangat. Jadi sebaiknya anda gunakan air mineral yang sudah mengalami proses sterilisasi.

Jangan gunakan waslap yang memiliki permukaan bertekstur karena akan membuat kulit anda iritasi. Mulailah dengan menyemprotkan air mineral pada pagi hari setelah anda bangun tidur dan keringkan dengan handuk yang lembut.

Untuk membersihkan kulit kering sebaiknya anda gunakan cleansing milk. Lalu pijatlah wajah anda dengan lembut saat anda membersihkan dan saat membubuhkan pelembap. Pilihlah pembersih dengan pH balanced dan non detergent. Hindari menggunakan sabun saat membersihkan wajah karena tidak saja kotoran yang terangkat tetapi juga minyak alami dalam kulit wajah anda yang berfungsi melindungi kulit anda.

Sedangkan untuk perawatan tubuh anda bisa kenakan baby oil setelah selesai mandi agar kelembaban kulit anda tetap terjaga. Hindari menggunakan sabun yang kadar alkalinnya tinggi. Untuk tetap menjaga kelembaban kulit sebaiknya anda lakukan masker khusus untuk kulit kering seminggu sekali. Tetapi jangan sampai terkena area mata, dimana garis-garis halus paling cepat muncul.

Apabila anda sering berada di ruangan ber-AC, sebaiknya sering memakai ulang krim pelembab, sehingga kulit tetap terjaga kelembabannya. Pakailah krim pelembab yang cocok di kulit seperti yang mengandung Ekstrak Bengkoang dan Susu Yogurt alaminya dapat menjadikan kulit tampak lebih putih dan senantiasa sehat. Juga kandungan Vitamin B3, Double Sunscreens dan Sari Tanaman Mulberrynya secara lembut serta alami dapat membuat noda-noda hitam memudar, kulit terlihat cerah & bersih, juga terlindungi dari sinar matahari.

Jangan lupa untuk sering meminum air putih, paling tidak 8 gelas perhari dan memakan sayur-sayuran dan buah-buahan. Karena asupan yang kita makan dapat membantu menjaga kondisi kulit dari dalam.

Atau kalo mau yang alami gunakan aja jeruk nipis belah jadi dua lalu peras dan usapkan pada bagian kulit yang kering atau bisa juga dengan beberapa tetes minyak sayur lalu usapkan pada bagian kulit yang kering. Murah meriah kan??.

2. Kulit Sensitif
Untuk jenis kulit yang sensitif, kita mencari produk kulit dengan label for sensitive skin. Atau produk yang mengandung bahan tumbuhan anti inflammatory yang menenangkan seperti chamomile atau aloe agar kulit anda tetap terjaga.

Bersihkan make up dengan pembersih lembut yang tidak mengandung sabun (soap free) atau pembersih make up (make up remover) yang lembut. Saat membersihkan wajah, gunakan air, tisu atau make up remover wipe (tisu pembersih khusus make up siap beli yang sudah dibasahkan). Hindari waslap karena terlalu keras dan jangan gunakan air dingin atau air hangat karena suhu ekstrim dapat mengiritasi kulit anda secara cepat.

Hindari scrub dengan bulir-bulir. Jika kulit anda sangat sensitif maka kemungkinan anda harus tinggalkan eksfoliasi sama sekali. Jika kulit anda berminyak sebaiknya coba gunakan pembersih yang mengandung ingredient salicylic acid untuk membuka sumbatan pori. Karena ingredien ini lebih lembut untuk kulit sensitif daripada scrub.

Gunakanlah penyegar yang tidak mengandung alkohol. Karena produk yang mengandung alkohol akan memicu reaksi pada kulit sensitif. Sebaiknya anda pilihlah penyegar yang mengandung lavender atau witch hazel.

Apabilah anda memilih pelembab maka pilihlah sunblock dan pelembab yang mengandung anti sinar matahari. Agar wajah anda terlindung dari sinar ultraviolet matahari, sebaiknya anda gunakan sunblock yang mengandung zinc atau titanium dioxide. Karena tidak diabsorp ke dalam kulit sebab keduanya cenderung mengurangi iritasi pada kulit wajah anda.

Jika produk kosmetik mengiritasi kulit anda seperti tersengat dan wajah yang memerah biasanya merupakan tanda pertama dan sebaiknya anda segera hentikan pemakaian produk tersebut. Jika anda menderita simptom ini dan menjadi bengkak dalam waktu 24 hingga 36 jam sesudah menggunakannya maka kemungkinan anda alergi terhadap ingredient di dalam produk tersebut. Jadi sebaiknya anda berhati-hati terhadap produk kosmetik yang beredar di pasaran.

3. Kulit Berminyak
Kulit berminyak biasanya teksturnya kasar karena pori-pori kulit besar, tampak mengkilap dan terdapat noda kulit. Karakteristik kulit berminyak biasanya relatif lebih lentur, terlihat dan terasa kurang bersih, mudah berjerawat, dan make-up atau kosmetik sulit menempel rata.

Kebanyakan orang mempunyai kulit wajah berminyak di daerah T-ZOne (dagu, hidung dan dahi), karena di sana banyak terdapat kelenjar sebasea. Yang paling penting dalam merawat kulit berminyak adalah mempunyai wajah yang bersih, karena wajah yang bersih dapat menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat.

Adapun cara perawatanya dengan memakai krim pelembab yang bebas minyak atau yang sering dikatakan sebagai 100% oil free, karena formulanya cukup untuk memberikan kelembaban pada kulit tanpa membuatnya berminyak. Salah satu contohnya kosmetik yang mengandung Hydromoisturizer [H20] dan 100% formula bebas minyak menjadikan kulit wajah lembut, halus dan cantik alami.

Penggunaan masker wajah 1-2 kali seminggu juga sangat dianjurkan untuk membersihkan pori-pori wajah secara mendalam. Jangan lupa untuk sering meminum air putih, paling tidak 8 gelas perhari dan memakan sayur-sayuran ataupun buah-buahan. Karena asupan yang kita makan dapat membantu menjaga kondisi kulit dari dalam.

3 Hal yang Wajib dalam Merawat Kulit
1. Pembersihan
Wajib hukumnya untuk melakukan pembersihan secara rutin seperti mandi 2x sehari, gunakan scrub 1 minggu sekali dan yang paling penting gunakan juga sabun dengan PH Balance dan mengandung moisturizer (pelembab)

2. Nutrisi Kulit
Minumlah vitamin yang penting untuk kulit (vitamin A, C dan E) karena dapat mengurangi efek polusi pada kulit juga sebagai anti oksidan (pencegahan terhadap kanker kulit)

3. Penggunaan Sunblock (pelindung paparan matahari)

Udah jelas kan bagaimana cara merawat kulit , termasuk jenis manakah kulit anda???.
(diambil dari berbagai sumber)

0 Comments:

Post a Comment