Telapak Tangan Selalu Berkeringat

Hari minggu kemarin aku bertandang kerumah temanku,lalu aku dicurhati kalo tangannya selalu berkeringat jika memegang sesuatu baik itu waktu menulis maupun memasak. Dia agak terganggu dengan masalah tersebut kadangkala tanganya mengelurkan air tergantung lamanya dia memegang sesuatu.

Aku tertarik mengenai artikel yang dimuat di jawa post tanggal 9 Desember 2009 karena mirip dengan keluhan yang dialami oleh temenku. semoga saja bisa bermanfaat untuk yang lainya.

Kondisi yang dialami oleh temenku itu tergolong keringat yang berlebihan (excessive sweating/hiperhidrosis). Penyebab utama adalah Faktor genetik yaitu aktifitas berlebihan dari sistem saraf simpatis khususnya ganglion saraf simpatik thoracic sepanjang tulang belakang di dalam rongga dada.

Kelainan itu dibagi menjadi dua macam yaitu Hiperhidrosis general dan lokal. Pada kondisi lokal keringat berlebihan hanya pada tempat- tempat tertentu (palmar hyperhidrosis). Proses yang terjadi adalah gangguan pada sistem produksi kelenjar keringat oleh saraf simpatis. Biasanya terapinya berupa operasi endoscopic thoratic syimpathectomi (ETS-C) dengan tingkat kesembuhan tinggi maksudnya dilakukan tindakan burning menggunakan electro-coutery pada saraf yang bermasalah.

Keringat yang berlebihan juga bisa ditimbulkan oleh penyakit lain misalnya hormon tiroid yang tinggi(hipertiroid) dan penyakit metabolisme yang lain namun kondisi tersebut cenderung menimbulkan keluhan keringat berlebihan di seluruh tubuh (general).

Sedangkan berkeringat karena penyakit jantung biasanya didahului oleh gejala penyerta yang lain misalnya nyeri dada kiri yang spesifik, sesak napas,maupun berdebar debar.Untuk lebih pastinya sebaiknya memeriksakan diri ke dokter untuk memastikan jenis penyakit yang mengakibatkan keluhan tersebut.

0 Comments:

Post a Comment