Rahasia dibalik Sholat 1/3 malam terakhir

Dalam penulisan artikel ini saya tidak bermaksud untuk men-narsiskan diri atau bukan berarti saya sudah berhasil melaksanakan sholat tahajjud dengan sempurna, harapan saya semoga dengan menulis artikel ini bisa memotivasi saya untuk istiqomah kembali melakukan sholat tahajjud seperti yang saya lakukan semasa SMA atau kuliah dulu.



Sholat tahajjud (qiyamul lail) merupakan ibadah sunnah yang memiliki banyak hikmah ( itu sudah saya rasakan manfaatnya). Hukum sholat tahajjud adalah sunnah muakkad. Namun Rasulullah senantiasa menjalankan sholat malam baik dalam kondisi tenang maupun tidak tenang seperti dalam perjalanan maupun perang. Sangking khusuknya beliau menjalankan sholat sehingga kedua kakinya lecet. Kesungguhan Rosulullah juga diikuti oleh para sahabat dan para tabi'in bahkan karena berartinya sholat tahajjud sehingga ibadah tersebut bukan sekedar ibadah nafilah tetapi seakan akan ibadah wajib bagi mereka.

Banyak rahasia dan khasiat yang terkandung dalam ibadah sholat tahajjud baik di dunia maupun di akhirat. Diantara fadhilah sholat tahajjud adalah sebagai berikut:


1. Fadhilah sholat tahajjud di dunia
*> Allah menyelamatkan diri dari godaan
*> Allah menjadikan raut muka orang tersebut bersinar
*> Allah menjadikan pembicaraan orang tersebut berguna dan bermanfaat
*> Allah menjadikan orang tersebut menjadi lebih bijaksana.
*> Disukai oleh orang orang yang sholeh


2. Fadhilah sholat tahjjud di akhirat
*> Di permudah Hisabnya
*> Apabila berjalan di jembatan Shirot seperti kilat
*> Kitab yang diberikan kepada Allah diterima dengan tangan kanan
*> Dikumpulkan dengan orang orang yang bersih wajahnya.


Begitu besarnya manfaat sholat tahajjud bagi kita, dengan mendirikan sholat tahajjud secara khusuk dan istiqomah dapat membuat terkabulnya do'a. Hal ini adalah janji Allah sebagaimana yang disabdahkan oleh nabi:


" Tuhan kita turun pada setiap malam
ke langit dunia, ketika tersisa sepertiga malam terakhir Dia berfirman "siapa yang berdoa kepada-Ku maka aku kabulkan doanya, Siapa yang memohon kepada-Ku aku akan memberinya dan siapa yang memohon ampunan kepada-Ku maka aku akan mengampuninya. (HR. Bukhori dan Muslim)


Perkara yang menyebabkan tertinggalnya dan memudahkan sholat tahjjud:
Kadangkala dalam melakukan ibadah sholat kita merasa "aras arasan" alias malas baik ibadah sholat wajib maupun sholat sunnah. Adapun Perkara yang menyebabnya tertinggalnya sholat tahajjud adalah 1. Prihatin masalah dunia dan lupa akan akhirat. maksudnya adalah bahwa kita terlalu memikirkan urusan dunia seperti pekerjaan, keluarga, hutang dan sebagainya dan lupa akan kewajiban kita melakukan ibadah kepada Allah. 2. Banyak membicarakan permasalaha dunia yang tidak bermanfaat seperti bergosip atau membicarakan kejelekan orang lain. 3. Badan terlalu letih dan lelah diwaktu siang. 4. Perut dalam keadaaan kenyang.


Sedangkan hal yang bisa memudahkan kita untuk melakukan sholat tahajjud adalah 1. Sering memperbarui wudhu meskipun belum batal. 2. Memperbanyak membaca dzikir dan tasbih sebelum maghrib. 3. Memperbanyak ibadah diantara waktu maghrib dan isya' seperti membaca Al-Qur'an dan dzikir. 4. Tidak bicara diantara waktu maghrib dan isya' yang menyebabkan lupa akhirat.


Manfaat secara medis atau pengobatan
Tubuh kita akan menyedot oksigen di atmosfir bumi sekitar jam 3 pagi hingga terbit matahari dan pergerakan otot otot didalam badan kita akan menyegarkan dan memperlancar aliran dalam tubuh. Marilah kita kaji pergerakan otot otot pada saat kita melakukan gerakan sholat.


Pertama tama kita malakukan takbirotul ihrom yaitu gerakan berdiri tegak kemudian mengangkat tangan dan bertakbir serta meletakkkan tangan diatas dada, secara medis gerakan ini akan melonggarkan rongga dada sehingga paru paru akan terasa lapang serta menggerakkan otot dikedua tangan


Gerakan Ruku dengan badan membungkuk kedepan dan kedua tangan diatas kepala lutut dan punggung mendatar. gerakan ini akan menggerakkan ruas tulang punggung, tulang leher, tulang pinggang dan tulang tungkai.


Gerakan sujud: seluruh berat badan kita tertumpu sepenuhnya diatas otot otot kedua tangan, kaki, dada, perut, punggung, dan leher. Apabila kita sedang sujud semua otot tersebut ikut bergerak.


Gerakan duduk diantara dua sujud dan tahiyat : otot otot tumit, pangkal paha, selangkangan, jari jari kaki, ikut bergerak . Dan terakhir adalah gerakan salam yang akan menggerakkan otot otot leher dan tengkuk kita.


Demikian besarnya manfaat yang bisa kita petik dari sholat tahajjud, apabila peredaran darah dalam tubuh lancar sudah tentu akan menyehatkan tubuh kita. Seperti kata pepatah " di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat". ( diambil dari berbagai sumber)

0 Comments:

Post a Comment