Tips Merawat Kebaya
















Kini kebaya tak harus melulu berkesan tua, pakaian jadul kegemaran eyang eyang yang sudah ketinggalan zaman. Bisa dilihat sekarang telah banyak rancangan modifikasi yang cocok dikenakan bahkan oleh remaja. Kebaya pun bisa dikenakan dalam berbagai acara baik acara formal maupun non formal.

Memang kebaya dalam desain desain mewah membutuhkan perawatan khusus, Bahannya terbuat dari broklat atau serat halus serta dihiasi oleh payet harus ditangani berbeda.

1. Bahan dan Aplikasi
Mencuci kebaya bukan hal yang mudah, apalagi bila kebaya anda bertaburan payet nan cantik. Untuk menghindari rusaknya aplikasi payet tersebut. jangan sekali kali mencucinya dimesin cuci atau menguceknya. selain beresiko akan merusak aplikasi payet tindakan tersebut akan merusak serat kain yang halus. Untuk amannya tak ada salahnya mencucikan kebaya mewah anda di laundry yang anda percaya.
2. Cara Mencuci
Bila anda ingin mencuci kebaya anda sendiri, anda harus memberi perhatian lebih. Pertama tama rendam kebaya anda dalam air bersih yang telah dicampur 1 sendok makan detergen, rendam selama 10 menit saja dan jangan terlalu lama lalu bilas sampai bersih. Untuk menjemurnya, disarankan menghindari sinar matahari secara langsung. Bahkan sebenarnya cukup diangin anginkan saja.

3. Enyahkan Noda
Kadangkala tampa sengaja kita mengotari kebaya dengan noda. Bila terjadi gunakan air perasan jeruk nipis tepat diatas noda, diamkan sampai meresap lalu rendam bagian kebaya yang bernoda tersebut.
4. Usir Ngengat
Ngengat adalah musuh pakaian, Kebaya yang sudah cukup lama anda simpan dilemari bisa menjadi sasaran empuk bagi ngengat. Sekali kali keluarkan koleksi kebaya anda dalam lemari dan angin anginkan. Untuk mengusir ngengat jangan lupa menaruh kapur barus atau kamper dilemari anda.

Cara Merawat Payet
Aplikasi payet pada busana menambah kesan mewah, perawatannya membutuhkan perhatian yang lebih. Mencuci dan menyetrika sebaiknya tidak dilakukan dengan sembarangan. Mencuci busana berpayet disarankan tidak menggunakan mesin cuci ataupun menguceknya karena akan menyebabkan rusaknya benang sulam dan payet bahkan bisa menyebabkan aplikasi tersebut lepas.
Karenanya buasana berpayet sebaiknya direndam saja dengan detergen, biarkan detergen mencuci sendiri beberapa lama. ini berarti tanpa dikucek atau disikat, setelah selesai busana langsung dibilas dengan air dan digantung untuk dijemur ditempat teduh tanpa diperas.
Untuk merapikan setrikalah pada bagian dalamnya sebentar saja agar payet payet tidak justru melepuh karena panas.

Selamat Mencoba...............

0 Comments:

Post a Comment