Sejauh Mana Persiapan Pernikahan Anda?


Pernikahan merupakan suatu peristiwa yang sakral dan dinantikan oleh setiap pasangan. Oleh karena itu tidak sedikit pasangan yang melakukan persiapan pernikahan jauh hari sebelumnya, agar pada hari H dapat berjalan dengan lancar dan sukses. Bila tidak dipersiapkan secara matang bisa bisa akan menyesal dikemudian hari. Berikut Info yang bisa saya berikan semoga bermanfaat.


Ada 3 hal yang perlu dipersiapkan oleh pasangan pengantin:


1. Persiapan lahir batin/ Rukhiyah

Hal ini sangat penting dipersiapkan karena sebagai pasangan yang akan menikah kita harus yakin dulu apakah pasangan kita adalah yang terbaik buat kita, biasanya dalam waktu 2-3 bulan sebelum hari H menjelang calon pengantin terkena sindrom pranikah yaitu dimana calon pengantin ragu terhadap pasangannya. Sindrom ini lebih mengarah pada sisi psikologis seseorang dimana rasa cemas, takut, stress, lelah dan was was hinggap di calon pengantin. karena itu dengan sholat istikharah diharapkan hati menjadi tenang dan lebih mantap dalam menghadapi proses metamorfosis nanti. Yang tadinya menjadi pria lajang menjadi suami dan imam bagi keluarganya.


2. Persiapan Fisik : dalam hal ini kondisi tubuh kita harus benar benar fit dan tetap dijaga, agar pada hari H kita tidak jatuh sakit. persiapan fisik yang lain juga menyangkut keuangan. Musyawarahkan baik baik dan terbuka dengan keluarga anda dan juga keluarga calon pasangan tentang keuangan dalam menyelenggarakan walimah agar tidak terjadi salah faham tentang konsep walimah yang anda inginkan.


3. Persiapan Administratif : mencakup persiapan membuat akte nikah dan menghubungi penghulu. Siapkan saja Fc. Identitas diri, seperti KTP, KK, foto 3x 4 dll. Jangan lupa minta surat pengantar RT/ RW setempat. Selain itu mempersiapkan panitia penyelenggara pernikahan baik pendamping pengantin pria, wanita, pengiring, among tamu dll.





0 Comments:

Post a Comment